Gambar Kucing Batuk
Gambar Kucing Batuk

Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Batuk

Posted on

Batuk adalah refleks. Bila ada sesuatu yang mengganggu bagian belakang tenggorokan, saluran napas, atau paru-paru, kucing batuk mengeluarkan iritasi. Penyebab paling umum adalah bronchitis kucing.

 

Gejala kucing batuk

Anda akan mengenali batuk kucing saat mendengarnya. Mungkin batuk kering, hacking atau batuk yang terdengar lembap. Batuk mungkin disertai gejala lain, seperti pilek atau mata dan demam.

Jika batuk bertahan lebih dari 24 jam atau jika ada sesuatu yang tampak menempel di mulut atau tenggorokan kucing Anda dan Anda tidak dapat mengeluarkannya, bawa kucing Anda ke dokter hewan.

 

Penyebab kucing batuk

Waktu dan tingkat aktivitas yang terkait saat batuk bisa mengindikasikan kemungkinan penyebabnya:

  1. Batuk yang terjadi pada malam hari saat istirahat bisa mengindikasikan trakea yang roboh, edema paru atau gagal jantung.
  2. Jika kucing senang saat batuk bisa berhubungan dengan keruntuhan trakea atau iritasi.
  3. Batuk yang berhubungan dengan penyakit jantung terjadi saat kegembiraan atau olahraga.
  4. Batuk setelah makan bisa disebabkan oleh masalah esophagul atau larynx. (Laring yang sakit menyulitkan untuk menelan makanan).
  5. Jika laring tidak bisa menutup kerongkongan bisa menjadi melebar, mengakibatkan makanan bergerak ke saluran pernafasan dan paru-paru. Jika tidak diobati bisa menyebabkan batuk atau pneumonia.
  6. Batuk yang lembab dan keras atau kering disebabkan oleh akumulasi cairan di jalan napas atau paru-paru (cairan bisa berupa darah, air atau nanah).
  7. Jika kucing terkena kucing lain, maka penyebabnya bisa jadi infeksi.
  8. Infeksi jamur tertentu dan penyakit heartworm yang lebih umum di beberapa negara adalah daerah.

 

Cara mengobati kucing batuk

Pengobatan batuk kucing tergantung pada penyebab batuk. Antibiotik diresepkan jika diduga adanya infeksi bakteri. Asma diobati dengan bronkodilator (untuk membuka saluran udara ke paru-paru) dan steroid (untuk mengurangi radang paru-paru). Alergi diobati dengan antihistamin. Parasit harus diobati tergantung parasit tertentu.

Anda seharusnya hanya mengobati batuk ringan di rumah dan berkonsultasi dengan dokter hewan Anda. Batuk ringan bisa diobati dengan obat batuk Robitussin-DM yang mengandung bahan aktif dekstrometorfan. Inilah satu-satunya bahan yang aman bagi kucing. Hindari obat batuk dengan acetaminophen yang sangat toksik (Tylenol). Dosisnya adalah 1/2 sendok teh per berat 10 pon setiap 6 jam jika perlu.

Jika kucing Anda memiliki dahak tidak menggunakan obat batuk karena pembersihan dahak itu alami dan sehat untuk kucing. Obat batuk bisa menutupi gejala yang sangat membantu dalam diagnosis karena mereka tidak membantu penyebab batuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *