Mengenal tanaman rimpang temulawak

Tanaman temulawak merupakan salah satu tanaman rimpang (rhizoma) yang asli dari Indonesia, tanaman ini masuk kedalam suku temu-temuan. Temulawak merupakan tanaman yang mudah untuk ditanam, baik didaerah dataran tinggi seperti bukit dan gunung, maupun didataran rendah seperti pantai. Biasanya tanaman temulawak tumbuh subur dan dapat dengan mudah kita temui di pkerangan ataupun dikebun kebun, selain itu tanaman ini juga mudah ditanam didalam pot.

Temulawak masuk kedalam kategori tanam herbal yang sering dimanfaatkan untuk berbagai pengobatan tradisional karena dipercaya mempunyai kandungan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk itulah temulawak sering kali dijadikan sebagai bahan pembuatan jamu tradisional. Salah satu manfaat temulawak yang sudah banyak dikenal orang adalah untuk menambah nafsu makan serta melancarkan pencernaan. Selain itu ternyata temulawak juga sering dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik kecantikan seperti sabun temulawak dan cream temulawak, karena manfaat temulawak untuk wajah sangat baik.

Antara temulawak dengan tanaman rimpang lainnya mempunyai ciri yang hampir sama, maka bagi orang awam akan sangat sulit untuk membedakannya. Namun ada beberapa ciri tersendiri dari tanaman yang satu ini, dan berikut beberapa ciri tanaman temulawak.

Ciri ciri tanaman temulawak

BUAH/RIMPANGNYA

Buah atau rimpang dari tanaman tersebut dapat kita lihat dari warna, aroma, serta rasanya. Buah/rimpang temulawak berwarna kuning muda agak pucat, dapat kita ketahui apabila membelah rimpang temulawak tersebut. Temulawak memiliki aroma yang tajam menyengat serta mempunyai rasa yang pahit.

BATANG

Batang temulawak berwarna hijau dan tumbuh tinggi menjulang sekitar 1,5 meter, jika dibandingkan dengan tanaman rimpang yang lain, tanaman ini memiliki ukuran batang yang paling tinggi. Batang temulawak mempunyai pelepah yang saling bertumpang tindih.

DAUN

Tanaman temulawak daunnya berwarna hijau hingga coklat, hampir sama dengan tanam rimpang lainnya, namun ukuran daunnya lebih besar dibanding tanaman rimpang lain seperti jahe, lengkuas atau kunyit. Biasanya daun temulawak ketika masih muda warnanya hijau kekuningan, dan setelah dewasa warnanya hijau gelap keunguan.

BUNGA

Bunga bisa menjadi salah satu ciri khas dari tanaman temulawak, bentuknya yang unik bergerombol bisa menjadi ciri dari tanaman ini. Warna bunganya tidak sama meskipun dalam satu tangkai, pada bagian paling atas biasanya berwarna merah kekuningan, agak kebawah sedikit berwarna keunguan, dan pada bagian paling bawah berwarna putih, hijau muda dan hijau tua.

Jenis jenis tanaman rimpang atau rhizoma sangatlah banyak, dan salah satunya adalah temulawak. Diantara tanaman rimpang yang lain, tanaman temulawak mempunyai ukuran yang paling besar, baik dari batang, daun, maupun bunganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *