Batu Cinta Situ Patenggang Yang Punya Mitos Cinta

Pesona alam Indonesia sepertinya memang begitu istimewa dan luar biasa termasuk di kawasan Jawa Barat dengan beragam potensi wisata alam yang bisa dijadikan destinasi wisata untuk menghabiskan akhir pekan, liburan, ataupun di berbagai moment lainnya. Salah satunya adalah kawasan wisata Situ Patenggang yang merupakan danau di Bandung Selatan dengan pesona keindahan alam yang begitu asri dan sejuk. Obyek wisata yang satu ini bisa jadi pilihan kamu yang ingin melarikan diri dari keruwetan kehidupan kota. Bahkan, kawasan wisata inipun terkenal sebagai salah satu spot wisata romantis di balik mitos dan legenda yang ada di kawasan tersebut.

Kawasan wisata yang satu ini berada di ketinggian 1600 meter dengan dipagari kebun teh yang menambah suasana menjadi lebih syahdu dan menenangkan. Danau tersebut memiliki luas 45.000 hektar dan berada di dalam cagar alam seluas 123.077,15 hektar. Saat kamu menuju ke lokasi Situ Patenggang, kamu bisa merasakan suasana sejuk khas pegunungan bahkan sebelum kamu benar-benar berada di kawasan wisata tersebut. Memasuki kawasan kebun teh yang memagari danau tersebut ditambah dengan pepohonan yang asri mampu memberikan atmosfer tersendiri saat berada di sana. Belum lagi adanya goresan kabut tipis yang menambah suasana menjadi lebih romantis menikmati pemandangan alam yang begitu luar biasa. Berada di kawasan danau tersebut seolah bisa melenyapkan semua masalah begitu saja.

Destinasi wisata yang kini semakin ramai dikunjungi wisatawan tersebut memang menawarkan keindahan alam yang begitu mempesona terlebih dengan adanya banyak spot yang bisa dijadikan sebagai berfoto. Bagaimana tidak keindahan danau yang dipagari kebun teh yang menghijau ditambah dengan adanya bayang pegunungan yang mengelilingi pastinya mampu menunjang hasil foto menjadi semakin istimewa.

Kawasan wisata di Indonesia memang banyak yang memiliki legenda, mitos, ataupun cerita-cerita di dalamnya, termasuk kawasan wisata Situ Patenggang. Ada sebuah mitos yang diyakini masyarakat setempat bahwa bila ada sepasang kekasih yang mengunjungi Batu Cinta Situ Patenggang dan berlayar mengelilingi Pulau Asmara maka cinta mereka akan abadi. Batu Cinta sendiri dipercaya sebagai tempat bertemunya Raden Santang dan Dewi Rengganis di jaman Kerajaan Majapahit. Sedangkan Pulau Asmara dulunya adalah perahu yang dibuart oleh Raden Santang untuk Dewi Rengganis. Tak ada salahnya bila kamu mencoba membuktikan mitos tersebut bersama pasangan saat datang ke Situ Patenggang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *