Manfaat Pendidikan Formal Anak

Pendidikan adalah pondasi utama untuk kehidupan. Dengan adanya pendidikan memberikan ilmu pengetahuan bagi anak,  mengajarkan segala ilmu pegetahuan bagi anak dari mulai mengenal huruf, mengenal angka, hingga memaknai setiap resensi buku bacaan. Semua hal tersebut menjadikan pendidikan sangat penting untuk kemajuan masa depan penerus bangsa. Pendidikan terbagi kedalam 3 golongan yaitu pendidikan formal, pendidikan nonformal, dan pendidikan informal. Ketiganya sama – sama dapat memberikan ilmu pengetahuan bagi anak. Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dengan jenjang kelasnya tersendiri seperti pendidikan dasar, pendidikan menengah, hingga pendidikan tinggi. Sedangkan pendidikan nonformal adalah jenis pendidikan di luar pendidikan formal, pendidikan nonformal tidak berjenjang dan tidak memiliki struktur. Pendidikan nonformal berfungsi sebagai pengganti, penambah, hingga pelengkap pendidikan formal. Lalu yang terakhir adalah pendidikan informal yang merupakan pendidikan yang berasal dari lingkungan keluarga serta lingkungan sekitar. Namun yang menjadi salah satu pokok penting saat ini adalah wajib 9 tahun dalam pendidikan formal anak,  sehingga kegiatan sekolah menjadi suatu keharusan bagi anak untuk mengembangkan potensi dirinya di masyarakat kelak.

Manfaat Pendidikan Formal Anak

Seperti yang kita ketahui pendidikan formal memegang peranan penting, pendidikan formal anak memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Memberikan ilmu pengetahuan untuk diri sendiri bahkan orang lain.

Melalui pendidikan formal kita akan belajar dengan guru dan mendapat banyak ilmu pengetahuan. Sesuatu hal yang tidak tahu menjadi tahu dan sesuatu hal yang tidak kita mampu bisa menjadi mampu untuk dilakukan.

  • Membangun jiwa sosial dan memperbanyak teman

Dalam pendidikan formal setiap jenjangnya kita akan selalu mengenal lingkungan baru dan bersosialisasi dengan orang – orang baru pula. Hal ini menjadikan kita akan semakin banyak melakukan interaksi dengan orang lain. Dan tanpa kita sadari jaringan pertemanan akan terjalin selama proses interaksi tersebut.

  • Menjadikan diri sendiri lebih disiplin

Setiap jenjang sekolah tidak hanya mengarah pada kemampuan aspek kognitifnya saja. Akan tetapi dalam aspek lainnya seperti aspek afektif dan psikomotor. Salah satunya menjadikan setiap peserta didik untuk lebih disiplin terhadap aturan tata tertib sekolah. Hal inilah yang menjadikan pendidikan formal menjadi penting karena mendidik anak dalam berbagai aspek kehidupan hingga membuatnya menjadi disiplin.

  • Mampu mengenal identitas diri

Setelah selesai dalam suatu jenjang sekolah kita akan selalu dihadapkan dengan ujian, lalu dari hasil ujian tersebut berupa ijazah. Melalui ijazah inilah kita akan mengenal sejauh mana kemampuan diri sendiri dalam menyelesaikaan suatu jenjang sekolah. Pendidikan formal ini juga tentunya melatih anak untuk berpikir lebih dewasa dengan semakin tinggi jenjang kelas yang dijalaninya.

Itulah beberapa manfaat pendidikan formal anak yang sangat penting untuk diketahui. Mengingat pemerintah sudah memberikan peraturan bahwa setiap anak harus mengikuti kegiatan pendidikan formal untuk meningkatkan kualitas dirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *